Selamat Datang di Blog Agung Triwibowo

Kamis, 24 Maret 2011

Cara membuat DVD Video untuk DVD Player

Kalo kita punya banyak koleksi video, pastilah kerepotan bila terlalu banyak kepingan CD yang harus di simpan, namun biasa nya kita bisa menyimpan nya ke dalam DVD agar tetap bisa kita tonton kembali, namun bagaimana cara menyimpan video-video kita dalam DVD?. Karena apabila kita langsung copy ke DVD pastilah tidak bisa di jalankan di DVD player.
Sebenarnya cara ini sangat mudah, memang untuk melakukan hal ini (menyimpan video di DVD) agak beribet, tapi sekarang sudah ada koq software yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah ini, yang penting software nya gratis :).
Lalu, apa nama software tersebut?, nama software tersebut adalah DVD flick, lalu apa fungsi dari DVD flick?, DVD flick memungkinkan kita untuk menyimpan semua format video yang kita punya ke dalam kepingan DVD, dan yang pasti dapat langsung di jalankan di DVD player kita dan software ini pen source alias free :).
Beberapa format video yang dapat di dukung oleh software ini adalah : NSV, QT, MOV, RM, SMK, OGM, WMV, ASF, MPG, MPEG, MPV, M2V, TS, MP4, M4V, MKV, MJPG, NUT, 3GP, AVI, AVS, DivX, FLV, HDMOV dan 3G2.
Output nya dapat berupa DVD, dan dapat dalam bentuk ISO apabila kita ingin mem-burning nya di lain waktu, atau bisa juga langsung menjadi format DVD untuk langsung di tonton.
Berikut cara untuk membuat DVD dengan DVD flick:

1. Download DVD Flick DISINI lalu kemudian Instal.
2. Konfigurasi Setting
Setelah kita instal maka kita lanjutkan dengan menjalankan aplikasi tersebut. Setelah kita menjalankan aplikasi tersebut maka hal pertama yang kita lakukan adalah “konfigurasi setting”. Pilih “menu project setting”, lalu pada menu general bagian title kita isi judul video kita (project), dan judul ini akan muncul sebagai nama judul DVD kita. Lalu tentukan “Target size” pilih yang 4.3 GB. Encoder Priority kita pilih yang “Below Normal” atau boleh juga yang “Normal”, dan untuk keterangan nya bisa kita lihat pada icon kuning. untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.
Lalu di bagian Video kita pilih saja yang “PAL”, dan untuk yang lain nya kita tidak perlu melakukan setting kecuali kita ingin nge-tes sendiri. Lalu pada bagian “Burning”, kita dapat pilih yang “Create ISO Image”, maksud nya adalah agar output nya nanti adalah *.ISO, dan file .ISO ini nanti dapat kita burning ke DVD, tapi kalo kita mau nya langsung di simpan ke DVD maka kita mesti punya DVD-RW dan juga DVD kosong, dan untuk langsung simpan ke DVD kita bisa pilih “Burn Project to disc”, namun jika tidak kedua nya maka file tersebut akan tersimpan di harddisk. Dan bila kita sudah selesai menyetting bagian “Project Setting”, maka kita pilih “Accept”.
3. Memasukkan Video
Nah, pada proses ini kita dapat memasukan video-video kita ke DVD, dan tiap video dapat kita setting sebelumnya.

4. Menyimpan den Membuat DVD
Bila semua video berhasil kita masukan maka tinggal kita simpan dengan memilih “sace project”. Namun bila kita memilih untuk agar output yang di hasilkan adalah ISO maka kita dapat tentukan lokasi untuk menyimpan nya di harddisk. Setelah semua nya selesai pilih “create DVD”, ok, proses selesai!.
Note: Proses yang terjadi biasa nya memakan waktu lama, bergantung durasi dan kecepatan CPU.
http://www.dvdflick.net/download.php

2 komentar:

  1. Bagaimana sih cara menambah menunya?? soalnya menunya sedikit jadi mau ditambah...

    BalasHapus
  2. klo laptopnya udah ada dvd rw ,apakah bisa langsung burning dan dvdnya boleh jalan di player biasa?

    BalasHapus